Sunday, October 11, 2009

Case AP 5

Calon klien (sebuah perusahaan manufaktur) meminta seorang Akuntan Publik untuk mengaudit perusahaannya. Direktur Utama perusahaan tersebut adalah adik kandung dari akuntan publik tersebut.
Diterimakah penugasan ini?
Bagaimana ditinjau dari aspek etika?
Catatan:
Kasus ini terbuka untuk dikomentari oleh siapa saja. Kontribusikan pemikiran Anda dengan memberi komentar di sini.

8 comments:

  1. Dewi Sarifah Tullah
    P2CD08021

    Tidak diterima, karena dalam aturan kode etik 101 tentang independensi dapat dipengaruhi karena adanya kepentingan hubungan keluarga antara akuntan publik dengan kliennya yang merupakan direktur utama dari perusahaan yang akan diaudit.

    ReplyDelete
  2. Lili Indrawati
    P2CD08020
    Case 5

    Tidak, tidak diperbolehkan oleh kode etik 101, karena akan mempengaruhi independensi

    ReplyDelete
  3. Elia Hapsari
    P2CD08025 MAKSI II
    Case 5
    Menurut saya tidak diterima, karena dengan adanya hubungan keluarga berpotensi besar mempengaruhi integritas, obyektifitas dan indepensi Akuntan tersebut, apalagi jika direktur tersebut punya pengaruh yang besar dalam akuntansi & laporan keuangan yang di Audit.

    ReplyDelete
  4. Sudah seharusnya auditor tersebut tidak menerima penugasan. Karena hubungan kekeluargaan antara auditor dan klien sangat mempengaruhi independensi. Meskipun auditor tersebut bisa membuktikan independensi kenyataan, tetapi independensi penampilan yang merupakan interpretasi dari masyarakat juga merupakan hal penting untuk menilai kinerja auditor, karena pendapatseorang auditor sangat berarti bagi publik. matur nuwuuun.....Saking: Inayah Adi Sari, MAKSI 2009

    ReplyDelete
  5. Sesuai dengan kode etik peraturan 101 yang menyatakan bahwa tidak mengijinkan adanya kepentingan keuangan yang berkaitan dengan hubungan kekeluargaan, maka penugasan tersebut tidak diterima. Hal tersebut dapat menimbulkan interpretasi yang negatif berkaitan dengan independensi hasil auditnya.

    ReplyDelete
  6. Sulung W
    P2CD08022

    Tidak menerima penugasan tersebut, karena hubungan kekeluargaan sebagai kakak adik akan sangat mempengaruhi independensi secara penampilan dan kenyataan didalam melaksanakan audit.

    ReplyDelete
  7. Anies Indah Hariyanti
    MAKSI P2CD08027

    Tidak diterima penugasan tersebut
    Dalam kasus ini, terdapat kepentingan keuangan pada hubungan keluarga. Independensi baik secara penampilan dan kenyataan yang menjadi hal utama harus dimiliki auditor, dikuatirkan akan terpengaruh dengan adik kandungnya yang mempunyai kedudukan penting dalam perusahaan klien yaitu sebagai direktur utama.

    ReplyDelete
  8. Ragil Purnomo
    MAKSI P2CD08028

    Dari posisinya aja sudah kelihatan Direktur Utamanya merupakan adik kandung Akuntan Publik, hubungan sedarah lagi. Sudah jelas mempengaruhi independensi, saya kira ditolak saja karena sudah pasti mempengaruhi independensi. Dan dari Kode Etik pun sudah diatur bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan

    ReplyDelete