Sunday, October 11, 2009

Case AP 1

Seorang Akuntan Publik diminta untuk melakukan general audit pada perusahaan dimana ia pernah bekerja selama 10 tahun dengan jabatan terakhir Manager Akuntansi.
Diterima atau tidak penugasan tersebut?
Tinjauan dari sisi etike profesi bagaimana?

Catatan:
Kasus ini terbuka untuk dikomentari oleh siapa saja. Kontribusikan pemikiran Anda dengan memberi komentar di sini.

8 comments:

  1. Dewi Sarifah Tullah
    P2CD08021
    Diterima karena profesionalisme, tetapi pada umumnya akuntans publik menolak karena independensi dapat terpengaruh.

    ReplyDelete
  2. Lili Indrawati
    P2CD08020
    Case 1

    Penugasan tersebut diterima, karena profesionalisme pekerjaan.

    ReplyDelete
  3. Elia Hapsari
    P2CD08025 MAKSI
    Case 1

    Tidak diterima, karena kemampuan Akuntan dalam mengevaluasi kewajaran penyajian laporan keuangan klien akan terpengaruh. Hubungan yang kerap dengan manajemen (perusahaan)& keputusan yang mereka buat (dalam kasus ini Akuntan merupakan mantan manajer akuntansi) cenderung mempengaruhi pandangan pemakai laporan audit mengenai independensi Akuntan tersebut.

    ReplyDelete
  4. Dewi Amaliah Nafiati
    P2CD08023
    Tidak diterima, karena Akuntan tersebut akan sulit mempertahankan independensi, terutama berkaitan dengan data laporan keuangan perusahaan. hal tersebut disebabkan oleh Akuntan merupakan mantan manajer akuntansi yang pernah ikut menyusun laporan keuangan di perusahaan. Sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi interpetasi pemakai laporan keuangan tentang independensi Akuntan tersebut.

    ReplyDelete
  5. Seandainya saya pada posisi tersebut, saya akan menerima penugasan. Saya kira hal ini tidak akan mempengaruhi independensi saya sebagai seorang auditor. Meskipun 10 tahun yang lalu saya pernah di perusahaan tersebut. 10 tahun yang lalu adalah waktu kebelakang yang lumayan lama. Pekerjaan saya sebagai manajer akuntansi, semestinya sudah diaudit oleh auditor lain. By: Inayah Adi SAri, MAKSI 2009, Semester 2

    ReplyDelete
  6. SUlung W
    P2CD08022

    Tidak menerima penugasan tersebut, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi independensi secara penampilan, walaupun secara kenyataannya auditor bisa saja tetap mempertahankan profesionalitas dan independensinya di dalam penugasan tersebut.

    ReplyDelete
  7. Anies Indah Hariyanti
    MAKSI P2CD08027

    Tidak diterima penugasan tersebut
    Independensi yang menjadi hal utama bagi seorang auditor, akan menjadi terpengaruh apabila penugasan tersebut diterima. Kemungkinan independensi secara kenyataan akan terpengaruh karena sifat dasar manusia yang cenderung untuk self interested atau egois. Pada kasus ini auditor merupakan mantan manager akuntansi. Apabila pada saat audit ternyata terbukti banyak penyimpangan, independensi dan obyektifitas auditor akan goyah karena berdasar sifat dasar manusia dan secara psikologis akan menutupi kekeliruan yang pernah dibuatnya. Hal ini akan berdampak pada pendapatnya atas kewajaran laporan keuangan.

    ReplyDelete
  8. Ragil Purnomo
    MAKSI P2CD08028

    Sebaiknya penugasan diberikan kepada teman sejawat Auditor lain dalam satu KAP, karena ditinjau dari sisi etika profesi tentunya akan mempengaruhi independensi, bagaimana tidak mempengaruhi independensi kalau seorang auditor diminta memberikan opini atas pekerjaan yang telah ia lakukan.....saya kira kurang etis

    ReplyDelete