Sunday, October 11, 2009

Case AP 12

Sebuah KAP sedang mendapatkan penugasan dari klien untuk melakukan “internal audit” pada perusahaan tersebut. Karena ada keharusan dari bank yang memberi pinjaman agar peusahaan tersebut memberikan laporan keuangan yang telah diaudit oleh KAP, perusahaan tersebut mengajukan permohonan kepada KAP tersebut untuk melakukan “general audit” .
Diterima/tidak?
Tinjauan etika?
Catatan:
Kasus ini terbuka untuk dikomentari oleh siapa saja. Kontribusikan pemikiran Anda dengan memberi komentar di sini.

8 comments:

  1. Inayah, MAKSI 2009,Semester 2
    Sebagai seorang auditor, saya akan menerima penugasan tersebut. Dengan alasan, masyarakat dalam hal ini Perbankan harus dilindungi dari masalah yang mungkin akan muncul jika laporan keuangan perusahaan tersebut tidak diaudit. Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang auditor harus benar-benar memegang kode etik profesional, yaitu independensi. Karena hal ini menvakup pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat yang luas bagi masyarakat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. Dewi Sarifah Tullah
    P2CD08021

    Tidak diterima, karena dalam kode etik 101 tentang independensi jika terdapat masalah kepentingan keuangan yang terkait maka kemampuan kantor akuntan publik tersebut dan kliennya untuk tetap obyektif diragukan.

    ReplyDelete
  3. Lili Indrawati
    P2CD08020
    Case 12

    Penugasan tersebut diterima, karena profesionalisme pekerjaan, selain itu sebagai seorang auditor saya harus memberikan informasi yang valid kepada bank atau pihak lain yang memerlukannya.

    ReplyDelete
  4. Elia Hapsari
    P2CD08025 MAKSI
    Case 12

    Diterima, meskipun perjanjian awal adalah penugasan internal audit, namun untuk kepentingan perbankan tidak menjadi persoalan untuk melakukan general audit sepanjang dari pihak Akuntan tetap menjaga independensi, obyektifitas, dan integritas.

    ReplyDelete
  5. Penugasan tersebut diterima, sesuai dengan tugas akuntan yang harus menyajikan laporan keuangan secara wajar dan independen. Artinya Akuntan harus tetap bersikap profesional terutama dalam mengaudit laporan keuangan perusahaan dalam rangka pengucuran dana dari perbankan. Karena jika laporan keuangan yang diaudit oleh akuntan tidak menjaga independensi dan obyektifitasnya maka akan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan yang berakibat pada masyarakat secara luas.

    ReplyDelete
  6. Sulung W
    P2CD08022

    Tidak menerima penugasan tersebut dengan alasan independensi. KAP sebagai internal auditor berada di bawah manajemen perusahaan klien yang secara penampilan tidak cukup independen untuk melakukan general audit pada perusahaan yang sama.

    ReplyDelete
  7. Anies Indah Hariyanti
    MAKSI P2CD08027

    Diterima penugasan tersebut
    Sebagai seorang yang professional, auditor sebaiknya menerima penugasan tersebut. Cakupan audit yang lebih luas dari sekadar internal audit menjadi general audit adalah suatu tanggung jawab dari auditor untuk dapat menunjukkan kompetebilitas dan independensi auditor. Kepentingan pemakai informasi keuangan dalam kasus tersebut yaitu pihak bank perlu untuk mendapatkan informasi mengenai kewajaran laporan keuangan klien, karena informasi tersebut menjadi sangat penting dalam hubunganya dengan kepentingan bisnis atau keuangan dengan klien (dalam hal pinjaman dana). Selain itu, dengan general audit tersebut juga akan menguntungkan bagi KAP karena akan memberi tambahan pendapatan bagi KAP.

    ReplyDelete
  8. Ragil Purnomo
    MAKSI P2CD08027

    Penugasan diterima dengan tetap mendasarkan pada prinsip-prinsip profesional dan standar

    ReplyDelete